Tips Buat yang Cepat Mengantuk Ketika Baca Buku


Tips Buat yang Cepat Mengantuk Ketika Baca Buku
Oleh : Fakhri Robi Aulia

Pernah gak sih pas waktu belajar ko rasanya berat banget?terus kerasa ngantuk padahal baru buka halaman pertama?

Tentunya sering banget lah ya,apalagi kalo bacaan nya berat-berat kaya baca buku kuliah yang isinya udah tebel dan full english banget.

Sebenarnya apa sih penyebabnya sampai-sampai ketika baca udah comfy lalu perlahan-lahan mata menutup kadang-kadang sampai menutupi wajah?

Ketika membaca buku mata akan bergerak secara konstan untuk melihat tulisan yang ada di buku.Exactly at the moment  otak kita juga  beraktifitas yakni menginterpretasi dan mengimajinasikan apa yang kita baca.Baik mata maupun otak tentunya membutuhkan energi dan sangat memungkinkan untuk mengalami kelelahan.Oleh karena itu jika kita merasa sangat lelah kemudian kita tetap force  mata kita buat baca so pasti bakal ketiduran dong karena organ yang ada di tubuh manusia perlu beristirahat.Karena itu membaca butuh conditiong and surrounding  yang bagus.
Tapi kenapa walaupun badan terasa fit baru aja bangun tidur tapi pas baca buku hawanya berat banget ngantuk,gafokus,dan keluarga nya.

Pertama.Kemalasan yang sudah mengakar,malas.Satu kata yang menjadi alasan seseorang untuk tidak berbuat sesuatu.Malas menyebabkan hilangnya produktifitas sehingga waktu terbuang percuma.

Kedua.Classical Conditiong,Teori ini dikemukakan oleh Ivan Pavlov.Pada masa kanak-kanak kita terbiasa dengan membaca buku sebelum tidur.Hampir semua anak-anak sering dibacakan dongeng atau cerita sebelum tidur.Tidur merupakan Unconditional Response ketika tidur berasosiasi dengan membaca atau belajar,hal tersebut akan menjadi terkondisikan. Membaca akan menjadi Conditioned Stimulus kemudian tubuh akan merespon dengan mengantuk sebagai Conditioned Respon.Lama kelamaan tubuh akan terbiasa merespon dengan “tertidur” ketika membaca.

Ketiga.Kurangnya tekad untuk membaca,tekad atau willpower yang kurang.Dengan adanya tekad yang kuat seseorang akan berkomitmen untuk membaca meskipun mengantuk.

Bagaimana solusinya agar bisa  enjoy and comfy ketika membaca atau belajar ?

Istirahat ,sebelum belajar upayakan sudah berisitirahat dengan cukup agar fresh dan tidak mengantuk kalau udah ngantuk berat banget mata udah rapet jangan dipaksakan buat belajar.

Makan , sebelum belajar jangan terlalu banyak makan karena jika makan terlalu banyak biasanya kita akan mengantuk,terkecuali punya kebiasaan masing-masing.

Positioning ,cari tempat belajar dan tempat baca yang comfy suasana biar anteng baca bukunya.Cari tempat yang tenang dan relaxing.

Gadget, matikan gadget seperti laptop,handphone,dan lainnya.Kecuali jika dibutuhkan.

Jadi itulah bahasan mengenai kenapa pas waktu belajar ngantuk  dan berat rasanya.Membaca dan belajar harus dibiasakan.Mungkin di awal akan terasa berat tapi untuk jangka waktu yang lama dengan konsistensi tentunya habit membaca dan belajar bisa terbentuk.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rentang Kisah 2018

MEMAKSIMALKAN PROSES BELAJAR AGAR PAHAM SECARA KOMPREHENSIF

Sedikit Bait