MEMAKSIMALKAN PROSES BELAJAR AGAR PAHAM SECARA KOMPREHENSIF


MEMAKSIMALKAN PROSES BELAJAR AGAR PAHAM SECARA KOMPREHENSIF
Oleh :  Fakhri Robi Aulia


Kita sudah tidak asing dengan kata ‘belajar’.Kata yang sering didenger oleh kita baik di strata sekolah dasar hingga perguruan tinggi.Belajar adalah kegiatan mempelajari sesuatu.Dengan belajar kita menjadi faham apa yang sebelumnya tidak dipahami.Disini tidak ada masalah,namun muncul masalah ketika kita sudah belajar tapi tidak maksimal dalam penyerapannya,melainkan kita dibuat makin bingung semakin dalam kita menggalinya.Ini jelas sebuah masalah.



Mari kesampingkan dahulu determinan masalah-masalah yang timbul tersebut,tetapi langsung ke core dari masalah tersebut yaitu ‘solusi’ atau alternatif dari masalah tersebut.Solusi ini bersifat pengalaman pribadi saya.Tentunya perspektif orang berbeda beda,tapi mengesampingkan hal tersebut semoga solusi ini bisa bermanfaat.


Berikut adalah solusinya :

·         Jangan batasi ruang diskusi.Diskusi merupakan salah satu bentuk brainstorming atau curah gagasan.Tentunya kita akan menemukan berbagai ide atau tanggapan terhadap sesuatu melalui  berbagai perspektif.Dengan melakukan diskusi pikiran kita menjadi terbuka dan menjadi paham akan sesuatu lebih komprehensif.

·         Carilah teman untuk berdiskusi.Ini penting karena jika kita punya diskusi:diskusi bisa dilakukan.Kalau sendiri namanya bukan sebuah dialog melainkan sebuah monolog.

·              Munculkan pertanyaan.Setiap muncul sebuah topik yang sedang dipelajari atau simpelnya jadilah kepo walaupun dengan headline 1 kata pun kita harus bisa menggali informasi dari itu.Cobalah mulai dengan yang sederhana terlebih dahulu ex :5W+1H.


·               Sintesa.Setelah memiliki bekal yang cukup lantas tidak berhenti di situ,tapi cobalah buat hubungan hubungan dari fakta fakta yang telah diketahui dan kemudian cari kebenaran akan hal tersebut.Dalam proses tersebut akan terjadi sebuah proses pencarian dan penggalian secara komprehensif sehingga kita makin faham secara advance dan komprehensif.


·                       Hilangkan stigma jelek sebelum mempelajari sesuatu.Mulailah mencintai topik yang dibahas atau dipelajari dengan memunculkan kebaikan kebaikan dan advantage­ nya agar semakin tergugah dan tertarik untuk membahas lebih dalam.


Tentunya dibutuhkan niat dan keinginan kuat untuk menerapkan habit baru.Tetap bertekad kuat.Perangi setiap habit kita yang masih kurang bermanfaat jangan sampai ada kalimat Old Habits Die Hard.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rentang Kisah 2018

Sedikit Bait